RSS

Akhirnya presentasi...

Aku menunggu saat itu. Ku menunggu 3 minggu yang lalu, 2 minggu yang lalu, hingga aku lupa sudah berapa lama aku menunggu. Apa yang aku tunggu?
Semua berawal dari mata kuliah Teknik Komunikasi. Setelah UTS praktek ‘presentasi spontan selama 3 menit’ beberapa waktu yang lalu, kini kami mendapat tugas presentasi selama 20 menit sebagai pengganti UAS. Tema dari presentasi dibebaskan kepada kami.
Waktu untuk memilih tema cukup lama. Dan setelah mengalami kebimbangan yang mendalam serta minta pendapat dari beberapa orang, akhirnya aku mengambil tema ‘Mimpi’. Awalnya aku ingin membahas tentang tidur (mungkin karena aku suka tidur), namun ku rasa bahasan ‘tidur’ cukup luas, maka aku lebih menekankan pada bahasan tentang mimpi, hingga aku menemukan sebuah website http://artimimpi.net/ yang membahas habis tentang mimpi. Ku baca dan ku baca ku temukan sesuatu yang menarik. 
Aku tak langsung membuatnya ke dalam bentuk .ppt. Mungkin karena malas, namun juga tak sepenuhnya begitu. Presentasi kali ini diawali oleh temanku bernomor absen 1, selanjutnya bernomor absen 2, kemudian 3 dan demikian seterusnya sesuai nomor absen. Dan berhubung aku mendapat giliran terakhir, maka aku cukup santai mengerjakan. Berminggu-minggu aku menanti. Hingga liburan akhir tahun tiba pun aku belum mendapat giliran. Dan akhirnya seminggu yang lalu, giliranku tiba. Berikut adalah resume dari presentasi yang ku bawakan. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan kita. ^^
Mimpi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti ‘angan-angan’. Namun, mimpi tak sekedar angan-angan belaka karena mismpi merupakan titik awal sebuah pencapaian. Apa yang kita peroleh dan kita capai selama ini bermula dari angan-angan kita.
Semua berawal dari mimpi. Segala keinginan bersumber dari mimpi. Seseorang yang mempunyai mimpi menandakan bahwa ia masih memiliki kehidupan dan berniat untuk hidup. Tak perlu takut untuk bermimpi karena mimpi awal dari apa yang terjadi pada kita. Toh, mimpi itu gratis, tidak mengeluarkan uang sedikitpun, hanya doa, keinginan yang kuat, serta usaha, mimpi itu akan menjadi kenyataan.
Oleh karena itu, bermimpilah kawan. Apapun mimpimu, entah itu mimpi untuk kuliah atau kerja di Jepang, bermimpi menjadi seorang jutawan, bahkan berangan-angan untuk menemui artis idola.
Semua mimpi kita akan menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. Walaupun mimpi kita terlihat sangat aneh di mata orang lain, tetapi jika kita punya tekat dan usaha untuk mewujudkannya, mimpi itu pasti akan menjadi kenyataan.

Bagaimana penjelasan mimpi sebagai bunga tidur?
Mimpi yang juga dikenal sebagai bunga tidur erat kaitannya dengan tidur. Tidur dengan bermimpi ditandai dengan adanya gerakan mata yang cepat di bawah kelopak mata yang tertutup. Untuk mencapai tidur dengan bermimpi kita akan melewati beberapa tahap. Yang pertama, mengantuk. Kedua, tidur lelap. Ketiga, tidur semakin lelap, dan terakhir sampailah pada tahap tidur dengan bermimpi.
Mimpi adalah sebuah bentuk kekuatan fikir alam bawah sadar yang mampu menerobos ruang dimensi lain yang dapat menggambarkan bentuk laku kehidupan bagi dirinya sendiri, orang lain bahkan alam semesta dan isinya di masa lalu ataupun masa yang akan datang. Secara psikologis mimpi merupakan penjelmaan alam bawah sadar atau keinginan-keinginan yang tidak terealisasikan.untuk sebagian orang, mimpi merupakan sebuah pertanda atau lambang yang akan terjadi. Mimpi indah maupun mimpi buruk, semuanya memiliki arti khusus untuk kehidupannya atau orang yang berada di sekitarnya. Penuh filsafat tinggi dan hanya orang tertentu yang mampu untuk menggambarkan dan memberi penjelasan.
Mimpi terjadi karena adanya keinginan pada diri atau juga karena adanya penekanan masalah. Penekanan keinginan misalnya ingin kuliah di jepang, maka akan bermimpi sedang membaca modul berbahasa jepang. Mimpi seperti itu biasanya disebut mimpi indah. Namun, ada juga mimpi buruk yang diakibatkan adanya penekanan masalah. Misalnya, adanya masalah di kantor yang mengancam kita mengalami pemecatan. Biasanya akan muncul mimpi buruk yang seolah-olah di dalam mimpi tersebut, kita dikejar-kejar.

Tipe mimpi:
Mungkin mimpi yang kita kenal selama ini hanya sebatas bayangan-bayangan yang muncul ketika kita tidur. Namun, ternyata mimpi mempunyai tipe yang berbeda-beda. Adapun tipe mimpi adalah sbb.
  1. Lucid dreaming : mimpi dimana kita menyadari bahwa kita sedang bermimpi
  2. Mimpi berulang : mimpi yang pernah kita mimpikan sebelumnya
  3. Mimpi buruk : mimpi yang mengganggu dan dapat menimbulkan cemas dan takut
  4. Melamun : tingkat kesadaran seseorang antara tidur dan terjaga. Melamun : bayangan spontan akan pengalaman masa lalu atau pun masa depan
  5. Precognitive dreams : mimpi dimana kita benar-benar melihat masa depan
  6. Mimpi biasa : aktifitas bawah sadar dalam menanggapi apa yang kita lihat dan kita dengar
Teori mengenai mimpi :
  1. Menurut ilmu psikologi : mimpi memberikan tanda mengenai pikiran yang mengalami masalah. Misalnya mimpi jatuh, mimpi ini menandakan seseorang berada di ambang depresi dan yang mengalaminya harus segera mencari solusi agar mimpi tersebut tidak terus berulang
  2. Menurut kajian mistik : mimpi memiliki makna yang luas dan beragam. Orang tua atau sesepuh mengaitkan mimpi dengan pertanda di masa depan. Seperti, mimpi gigi tanggal, yang arti mimpi tersebut berkaitan dengan peringatan mengenai kematian orang terdekat dalam keluarga atau kerabat. Digigit ular, arti mimpi ini berkaitan dengan datangnya lamaran untuk seorang gadis, dll.
  3. Menurut kajian alquran : Ru’ya disebut sebanyak 12 kali dalam Al-qur’an menyangkut mimpi nabi dan orang biasa, dimana mimpi ru’ya berkaitan dengan petunjuk atau pertanda yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya.  Sementara adghats (ahlam) disebut sebanyak 5 kali dalam Al-qur’an yang dimaknai hanya mimpi kalut yang berasal dari syaitan.
Contoh Ru’ya: QS. Ash-Shaffat : 99-113 yang menceritakan tentang kisah nabi Ibrahim dengan putranya nabi Ismail. Satu lagi contoh yaitu QS Yusuf: 43 yang menceritakan seorang raja pada zaman nabi Musa dimana Sang Raja dalam mimpinya melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering. Nabi Yusuf yang dikenal sebagai nabi yang bisa mengartikan mimpi berkata,” Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan.”
Contoh dari Adghat tertera dalam QS. Al-Anbiyaa’: 5. 

Apakah mimpi dapat diciptakan?
Sebuah penelitian di Harvard Medical School berhasil menciptakan mimpi yang sama pada 17 responden. Responden diberi tugas selama 3 hari bermain tetris, 2 jam di pagi hari dan 1 jam di malam hari untuk hari pertama, sementara 2 hari selanjutnya cukup 1 jam di pagi hari dan 1 jam di malam hari. Hasilnya, 17 responden bermimpi tentang potongan-potongan tetris. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa mimpi bisa diciptakan. Menciptakan mimpi sama dengan membentuk motivasi. Sebelum tidur, kita bisa memikirkan suatu hal dan bisa saja pikiran tersebut terbawa ke alam bawah sadar (dunia mimpi).  Terkadang kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu membuat kita mimpi buruk. Sebagai contoh, saat kita banyak project dan project tersebut belum selesai padahal tubuh sudah perlu diistirahatkan. Karena memikirkan project tadi, bisa jadi mimpi kita adalah sintak dari kodingan kita.
Mimpi buruk merupakan cerita panjang dimana terdapat suatu ancaman akan adanya bahaya fisik seperti dikejar, diserang atau bahkan dilukai. Orang yang bermimpi buruk biasanya akan ingat mengenai mimpinya saat dia bangun tidur.
Jika kalian mengalami mimpi buruk, maka berikut 4 tips agar terhindar dari mimpi buruk.
  1. Berdoa sebelum tidur. Secara spiritual dan psikologis, doa dapat membuat tenang dan bila sudah tenang maka mimpi indah bisa kita peroleh.
  2. Bersihkan diri sebelum tidur. Cuci muka, tangan, dan kaki serta menggosok gigi dapat kita lakukan sebelum tidur. Dalam keadaan bersih, kita akan merasa fresh dan tenang sehingga tidur pun nyenyak.
  3. Lakukan relaksasi sebelum tidur dengan cara mendengarkan alunan music yang lembut smabil membayangkan diri kita sedang berada di tempat yang indah dan nyaman. Dengan bantuan music dan imajinasi, otak menjadi santai.
  4. Selesaikan masalah sebelum tidur. Jika masalah belum bisa terselesaikan, maka cobalah melupakan masalah itu sejenak dan jangan dibawa saat akan tidur karena akan menggangu tidur.
Terkadang mimpi hanya dianggap sebagai bunga tidur. Bunga tidur hanyalah sebuah mimpi yang tak memiliki makna. Padahal dalam ilmu psikologi, mimpi berkaitan dengan kesehatan psikis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Ardiansyah mengatakan...

ternyata mimpi segalanya. dan begitu luas pembahasannya

thanks mia ..

Posting Komentar