RSS

PLEGMATIS? Why Not?

7 Oktober 2011
Pagi ini mata kuliah Teknik Komunikasi. Sang dosen datang dengan santai menuju 406, ruang kuliah saat itu. Setelah mengabsen, dosen itu mengambil 2 bangku ke depan kelas. Pak Rosyid, sang dosen, memanggil salah 2 dari mahasiswa di ruangan (yang tak lain lab. komputer) itu.
Setelah tertunjuk 2 orang, kedua orang itu di suruh untuk saling bercerita. Terserah apa yang akan diceritakan. Ku lihat salah satu dari 2 orang itu bercerita panjang lebar tentang artis Korea favoritnya. Ia nampak seru menceritakannya. Namun, ku lihat satu temanku yang menjadi pasangan ceritanya. Ia tak mengerti apa yang diceritakan.
Sepuluh menit berlalu. Pak Rosyid kembali menunjuk 2 orang kembali. Kali ini berbeda dengan yang pertama. Kedua orang yang ditunjuk tampak bingung dengan apa yang akan diceritakannya. Keadaan terasa kaku.
Lagi. Satu pasangan lagi ditunjuk untuk saling bercerita. Salah satu dari mereka bercerita tentang kecelakaan yang dilihatnya. Sementara itu pasangan ceritanya terlihat ingin menanggapi.

APA MAKSUD DARI SEMUA ITU?
Sebenarnya, pagi itu sang dosen ingin memperlihatkan bentuk komunikasi antara orang yang memiliki kepribadian SANGUINIS dengan PLEGMATIS.
Pasangan pertama : sanguinis dengan plegmatis
Pasangan kedua : sesama plegmatis
Pasangan ketiga : sesama sanguinis
Jika kita perhatikan, plegmatis itu pasif dan sanguinis itu aktif.

APA ITU PLEGMATIS DAN APA ITU SANGUINIS?
Kata dosenku, orang sanguinis itu adalah orang entertain. Dia adalah orang mudah bergaul dan asyik diajak berteman. Ia mendominasi setiap keadaan. Setiap orang merasa senang di dekatnya.
Lalu, apa itu plegmatis? Plegmatis : orang yang cenderung diam, ikut pendapat orang lain tanpa mengeluarkan apa pendapatnya. Di saat sepi tak pernah merasa kesepian karena baginya kesepian dan kesendirian adalah bagian dari hidupnya. Orang plegmatis dianggap kurang asyik diajak ngobrol, terkesan kaku dan amat membosankan. Mungkin, orang malas berteman dengannya..


APA YANG SALAH DENGAN ORANG PLEGMATIS?
Aku termasuk Plegmatis Murni. Jika benar orang malas berteman dengan orang Plegmatis, apa itu salah orang plegmatis. Apakah ketika seseorang lahir ia bisa memilih karakternya?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Lilis Nur-Rahman khalifah mengatakan...

haaa... betul kaaka miao,,,??
darii hatii bgt nulisana

prysmany mengatakan...

Aq juga Pendiam...
Mungkin aq jga plegmatis...

lala mengatakan...

sy jg plegmatis,, tp tdk slalu pendiam, mlh kdng jd sanguinis.. kalo cerita gk diam2. tp seringnya diam juga.. malah diamnya gk ketulungan sepinya, karna pemalu...sangaat. tapi kadang jadi pede. tergantung situasi. hehe... gk usah trlalu trpatok pd julukan karakter kita. tp yg pnting berusaha jd lbh baik. maka jadilah karakter kita yg unik, yg org tdk akn sama mempunyainya.

Posting Komentar